get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Kota Banjar 2024, Hasil Survei Pasangan Sudarsono-Supriana Unggul

Hasil Survei Golkar, Popularitas dan Akseptabilitas Herdiat Sunarya Tertinggi di Jabar

Selasa, 28 Mei 2024 | 20:46 WIB
header img
Hasil survei Golkar, popularitas dan akseptabilitas Herdiat Sunarya tertinggi di Jabar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – DPP Golkar melakukan survei terhadap bakal calon bupati/walikota di kabupaten/kota di Jabar yang bakal diusung Golkar pada Pilkada 2024. Survei tersebut dilaksanakan oleh Poltracking Indonesia.

Termasuk bakal calon bupati Ciamis yang akan diusung Golkar yakni Dr H Herdiat Sunarya MM. Di Ciamis survei tersebut dilaksanakan tanggal 1 – 7 Mei 2024 lalu dengan 400 responden yang tersebar di 27 kecamatan dengan metoda sampling random dan margin errornya 4,9 persen.

Hasilnya, dari segi popularitas, Herdiat Sunarya adalah calon bupati yang paling dikenal publik dengan tingkat popularitas 86,4 persen. Diikuti Yana D Putra (61,64 persen), dan Iing Sam Arifin (61,2 persen).

Dan akseptabilitas (tingkat keterimaan/menyukai) Herdiat juga tertinggi (78,15 persen), setelah itu diikuti Yana D Putra (51,2 persen dan Iing Syam Arifin (48,8 persen). Serta elektabilitas Herdiat Sunarya juga tertinggi yakni 72,8 persen.

“Dibandingkan hasil survei terhadap bakal calon yang akan diusung Golkar di 27 kabupaten/kota di Jabar. Hasil survei Pak Herdiat tertinggi di Jabar. Baik menyangkut popularitas, akseptabilitas maupun elektabilitas,” jelas Ketua DPD Partai Golkar Ciamis H Trian Slamet Triana ST dihadapan para wartawan di Gedung Galuh Karya Rahayu, Selasa (29/5/2024) sore.

Selama menjadi Bupati Ciamis periode 2019-2024, sebanyak 82 persen responden puas dengan kinerja Bupati Herdiat. Demikian juga dengan kinerja Wakil Bupati Yana D Putra (64 persen).

Dan kinerja pasangan Bupati Herdiat dan Wabup Yana D Putra selama menjabat dari tahun 2019-2024, 6,4 persen menyatakan sangat puas dan 72,2 persen cukup puas. “Ini juga tertinggi di Jabar,” katanya.

Dan 78,4 persen responden setuju Herdiat kembali mencalonkan jadi Bupati Ciamis. Dan 5,9 persen responden tidak setuju.

Dengan hasil survei tersebut Trian optimis Golkar akan mengusung Herdiat Sunarya pada Pilkada Serentak 2024.

“Rekomendasi dari DPP (Golkar) diperkirakan turun bulan Juni atau awal Juli nanti. Kami optimis DPP (Golkar) akan merekom Pak Herdiat,” ujar Trian.

Berbeda dengan Pilkada sebelumnya, Golkar melakukan konvensi terhadap calon-calon yang akan diusung Golkar. Namun menjelang Pilkada Serentak 2024 ini, Golkar melakukan survei terhadap bakal calon yang diusung.

“Ada 3 tahapan survei yang dilakukan. Survei pertama adalah survei calon yang sudah berlangsung tanggal 1-7 Mei 2024 lalu. Dan hasilnya sudah disampaikan kepada Pak Herdiat tanggal 25 Mei  2024. Nanti berlanjut dengan survei kedua dengan simulasi pasangan calon (Juli). Berikut survei ketiga setelah turun rekom dari DPP yakni survei pasangan calon,” imbuhnya.

Dari hasil survei yang sudah di ekspose tersebut Poltracking merekomendasikan agar Herdiat Sunarya mempertahankan  dan meningkat popularitas dan akseptabilitas.

Popularitas dan akseptabilitas Herdiat Sunarya sangat mumpuni dibanding kandidat-kandidat lainnya, dan unggulnya cukup jauh. Hanya tinggal mempertahankan dan meningkatkan, agar popularitas dan akseptabilitas semakin unggul jauh. Misalnya melalui sosialisasi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut