get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Petugas Satpol PP Tertibkan Baliho Bakal Calon Wali Kota Banjar

Gairah Mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya Ciptakan Indonesia Sehat Berdaya

Selasa, 30 Januari 2024 | 09:23 WIB
header img
Gairah mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya ciptakan Indonesia sehat berdaya. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Sejumlah mahasiswa dari Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya tampil membantu masyarakat di sekitarnya untuk Indonesia lebih baik.

Mereka hadir memberikan berbagai produk inovasi seperti bidang kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh publik secara langsung.

Hasil karya inovasi mahasiswa Universitas Siliwangi itu dikenalkan melalui kegiatan Praktik Belajar Lapangan (PBL) di berbagai wilayah Priangan Timur, salah satunya di Kota Banjar.

"Ada dua inovasi yang kami berikan untuk warga Lingkungan Sasagaran, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar," kata Ketua Kelompok 8 PBL Universitas Siliwang, Dita Destiati kepada iNewsCiamisRaya.id, Selasa (30/1/2024).

Inovasi pertama bernama Kasur Vila (Kelola air sumur dengan kreativitas filter air). Dita mengatakan Inovasi Kasur Vila ini lahir dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus diare yang ditemukan disini.

Atas kenyataan itu, Dita bersama rekan satu kelompoknya melakukan observasi untuk mencari penyebab tingginya kasus diare yang terjadi di Kelurahan Bojongkantong, Kota Banjar.

"Dari observasi yang kami lakukan ada beberapa penyebab terjadinya kasus diare disini, salah satunya masalah air," kata dia.

Kendati demikian, sejumlah Mahasiswa Universitas Siliwangi itu berupaya mencari solusi agar masyarakat disana bisa mendapatkan air yang lebih baik.

"Solusi yang ditemukan untuk persoalan air yaitu Kasur Vila. Inovasi ini dapat membantu masyarakat yang memiliki kualitas air kurang baik menjadi lebih baik dengan penerapan penggunaan filter air," jelasnya.

Kemudian, penyebab lain yaitu masalah sampah. Dita merunut bahwa pengelolaan sampah di lingkungan ini tidak terkelola dengan baik sehingga dapat menyebabkan masyarakat menderita diare.

"Untuk mengatasi permasalahan ini, kami Mahasiswa Universitas Siliwangi Kota Tasik memberikan inovasi bernama Nabuh Gamelan," kata Dita.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut