get app
inews
Aa Read Next : Dukung Ketahanan Pangan, Warga Binaan Lapas Banjar Ikuti Pembinaan Budidaya Maggot

Agun Gunandjar Tekankan Pentingnya Pemahaman Masyarakat Terhadap Teknologi Digital

Minggu, 22 Oktober 2023 | 10:15 WIB
header img
Agun Gunandjar, anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar tekankan pentingnya pemahaman masyarakat terhadap teknologi digital. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.idAgun Gunandjar Sudarsa, anggota DPR RI Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) mengajak masyarakat agar lebih memahami pentingnya teknologi digital.

Dengan perkembangan zaman yang pesat saat ini mendorong masyarakat untuk semakin banyak menggunakan teknologi, terutama dalam transaksi keuangan digital.

Banyak aktivitas jual beli barang dan pembayaran yang sudah beralih ke platform digital atau online. Hal ini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi. Dengan teknologi digital, mereka dapat melakukan pembelian barang atau pembayaran dengan cepat dan mudah.

"Dengan adanya digitalisasi memang mempermudah masyarakat, tapi ini harus dijadikan tantangan,"kata Agun saat ditemui di rumah aspirasi Agun Center di Kota Banjar. Minggu (22/10/2023).

Tantangan yang dimaksud adalah bagaimana masyarakat dapat menguasai teknologi dan menjadikannya sebuah peluang. Mengubah kebiasaan masyarakat memang tidak mudah, tetapi pemahaman ini sangat penting agar mereka dapat terbantu dalam berbagai hal.

Pemahaman teknologi memungkinkan masyarakat untuk memanfaatkannya secara efektif dan efisien. Dengan pemahaman yang baik, mereka dapat menggunakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas, mengakses informasi dengan cepat, berkomunikasi dengan orang lain, dan bahkan mengembangkan bisnis mereka sendiri.

"Karena canggihnya teknologi juga memungkinkan orang lebih banyak melakukan kejahatan dan ketika kita paham tentu bisa meminimalisirnya," ungkapnya.

Agun menyebutkan bahwa salah satu dampak dari kurangnya pemahaman teknologi adalah terjebak dalam pinjaman online atau pinjol.

Ketika seseorang tidak memahami dengan baik bagaimana pinjaman online bekerja, mereka dapat menjadi rentan terhadap praktik pinjaman yang tidak bertanggung jawab.

"Dan persoalan ini banyak terjadi, karena kurangnya pemahaman mereka dalam teknologi sehingga mereka tergiur dan menjadi malapetaka baginya,"katanya.

Namun, tidak sedikit juga manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dengan adanya digitalisasi.

Perkembangan teknologi ini pun mengenalkan berbagai pelayanan yang bisa di akses dengan mudah.

"Dengan adanya digitalisasi ini kita bisa kenal Gojek, Gofood dan kenal juga COD. Tentu itu bermanfaat karena mudah dan murah-murah juga,"tuturnya.

"Apalagi ketika kita bisa paham tentu bisa lebih memanfaatkannya dan bahkan menjadi sebuah peluang untuk kita mendapatkan keuntungan," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut