get app
inews
Aa Read Next : Hobi Makan Seafood? Ini 4 Obat Alami untuk Turunkan Kolesterol usai Menyantapnya

5 Obat Alami Atasi Gatal Digigit Nyamuk, Nomor 3 Antijamur dan Antibakteri Mengurangi Risiko Infeksi

Minggu, 05 Februari 2023 | 06:49 WIB
header img
Obat Alami Atasi Gatal Digigit Nyamuk. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah obat alami atasi gatal digigit nyamuk. Gigitan nyamuk yang menimbulkan gatal, memang terlihat sepele tapi bisa sangat mengganggu.

Bisa saja akibat gigitan tersebut menimbulkan bentol yang kemerahan dan jika terus digaruk akan menimbulkan luka dan berbekas. Nyamuk bisa membawa penyakit dan kemungkinan terinfeksi oleh gigitan nyamuk sangat tergantung pada lingkungan tempat tinggal kita.

Meskipun gigitannya sering tidak berbahaya, tapi kadang bisa menimbulkan komplikasi. Sebaiknya jangan digaruk terus-menerus saat terasa gatal. Rasa gatal akibat gigitan nyamuk tersebut dapat hilang dengan beberapa obat alami berikut ini, seperti dikutip dari Healthline, Jumat (3/2/2023) yang sudah ditinjau secara medis oleh Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N.

5 Obat Alami Atasi Gatal Digigit Nyamuk

1. Es batu

Karena suhu dinginnya sehingga es batu bisa mengurangi peradangan. Selain itu dingin juga membuat kulit mati rasa, yang bisa memberikan efek menenangkan pada kulit yang gatal walau sebentar.

Caranya dengan menghancurkan es batu lalu bungkus dengan kain kompreskan es selama 5 hingga 10 menit di kulit yang gatal. Untuk meredakannya lakukan selama beberapa kali dalam sehari. Ingat! Jangan taruh es langsung di kulit karena bisa menyebabkan kerusakan kulit.

2. Oatmeal

Otmeal merupakan biji-bijian sehat bukan hanya baik dimakan, tapi juga bisa jadi obat alami saat digigit nyamuk. Karena mengandung senyawa khusus dengan kualitas anti iritasi, oatmeal bisa meredakan gatal yang membengkak.

Caranya sangat mudah, buat pasta oatmeal dengan mencampurkan oatmeal dan air dalam rasio yang sama. Lalu sendokkan sedikit pasta ke kain waslap bersih dan tahan dengan sisi pasta menghadap ke bawah, tempelkan ke kulit yang teriritasi selama sekitar 10 menit lalu bersihkan area kulit yang gatal hingga bersih.

3. Bawang

Air jus yang keluar dari bawang yang baru dipotong, disebutkan bisa mengurangi rasa sakit dan iritasi gigitan karena nyamuk. Rempah satu ini diketahui punya sifat antijamur dan antibakteri alami. Sehingga bisa mengurangi risiko infeksi.

Cara menghilangkan gatal gara-gara gigitan nyamuk yaitu potong seiris bawang (bisa bawang putih, merah atau Bombay) dan oleskan langsung ke area kulit yang digigit, tunggu selama beberapa menit. Bilas dan cuci area tersebut sampai benar-benar bersih, hingga tak ada residu bawang yang tersisa.

 

4. Madu

Bukan hanya berguna untuk obat sakit tenggorokan dan kulit kering. Madu ternyata juga berguna untuk mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk, karena mengandung banyak sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Caranya, cukup teteskan setetes kecil madu pada area kulit yang gatal untuk berpotensi mengurangi peradangan dan rasa ingin menggaruk.

5. Soda kue

Siapa sangka bahan yang memiliki nama natrium bikarbonat, soda kue ternyata juga bisa meredakan efek gigitan nyamuk.

Caranya mudah, buat pasta dari soda kue, saran dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) cukup mencampurkan 1 sendok makan soda kue dengan air secukupnya lalu oleskan ke bekas gigitan serangga, dan diamkan selama 10 menit lalu bersihkan kulit yang gatal sampai bersih. Jika mengalami iritasi kulit karena ini, segera hentikan pengobatan.

Demikianlah ulasan mengenai obat alami atasi gatal digigit nyamuk yang mudah didapatkan di dapur kita. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul " 5 Obat Alami Atasi Gatal Digigit Nyamuk, Bisa Pakai Bawang Loh! "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut