get app
inews
Aa Read Next : Depresi Karena Orang Tua, Siswi SMPN 1 Surabaya Nekat Lompat dari Lantai 2 Sekolah

8 Ciri-Ciri Anak Cerdas dan Memiliki IQ Tinggi, Senang Berargumentasi Membuat Orang Tua Kewalahan

Senin, 30 Januari 2023 | 15:35 WIB
header img
Anak cerdas dan memiliki IQ tinggi. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah ciri-ciri anak cerdas dan memiliki IQ tinggi, menarik untuk diulas. Memiliki anak yang tumbuh sehat dengan kecerdasan di atas rata-rata adalah dambaan setiap orang tua.

Tingkat IQ yang tinggi merupakan salah satu tolak ukur yang sering dianggap sebagai keberhasilan dari tumbuh kembang anak.

Orang tua pada umumnya menganggap saat usia prasekolah dan masa-masa sekolah awal kecerdasan anak baru terlihat. Padahal, tanpa disadari oleh orang tua, sebenarnya anak-anak sudah mampu menunjukkan tanda-tanda kecerdasannya tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran SINDOnews, skor IQ (Intelligence Quotient) bisa didapatkan dari tes asesmen terstruktur yang dilakukan oleh psikolog.

Biasanya, 70% orang akan memiliki IQ sekitar 80-120. Lalu, sekitar 95% orang akan memiliki IQ antara 70-130. Sementara itu, orang yang ber-IQ tinggi biasanya akan mendapat skor di atas 130.

Namun, tanpa melihat skor IQ, ada beberapa cara yang bisa diperhatikan orang tua untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak . Apa saja tanda-tandanya? Simak penjelasan berikut ini.

Ciri-Ciri Anak Cerdas dan Memiliki IQ Tinggi

1. Memiliki Ingatan yang Baik

Ciri anak yang memiliki IQ tinggi lainnya adalah mampu mengingat suatu hal yang baru ia lihat atau dengar. Anda bisa melakukan tes sederhana untuk memastikan bahwa anak memiliki kemampuan mengingat yang baik.

Anda bisa mencoba menyebutkan nama-nama buah, kemudian minta anak mengulangi kata-kata tersebut. Apabila anak dapat mengulanginya dengan lancar, maka ia memiliki ingatan yang cukup baik.

2. Cara Anak Berkomunikasi dengan Orang Lain

Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, tanda-tanda anak memiliki tingkat kecerdasan tinggi bisa dilihat dari caranya berkomunikasi dengan orang lain.

“Umumnya anak dengan IQ yang diprediksi tinggi dapat dilihat dari bagaimana kita berinteraksi dengan si anak maupun bagaimana kapabilitas kemampuannya dalam keseharian,” jelasnya.

“Misalnya saat berinteraksi atau berdiskusi bersama, cara anak merespons, bertanya, menyampaikan argumen, dan memproses informasi lebih baik dari anak lain seusianya,” lanjutnya.

3. Anak Lahir dengan Berat Badan Besar

Melansir dari News Com AU, penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal mengamati sebanyak 3.000 bayi yang baru lahir.

Hasil penelitian menunjukan bahwa bayi yang lahir dengan berat badan besar memiliki IQ yang sedikit lebih tinggi daripada bayi dengan berat badan rendah.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut